cara instal windows 8 sangatlah mudah, mirip dengan cara instal windows 7, namun ada beberapa perbedaan terutama saat Anda selesai menginstall Windows. Anda akan dibawa untuk membuat profile account online atau yang lebih di kenal dengan sebutan Microsoft account, itu jika komputer Anda terhubung ke jaringan internet, jika tidak Anda bisa juga membuat Local account seperti yang biasa Anda lakukan pada versi-versi Windows sebelumnya. nah penasaran kan bagaimana cara instal windows 8..??

Baca Juga :

1. SPESIFIKASI KOMPUTER

Sebelum Anda mulai mempelajari cara instal windows 8, Anda harus memperhatikan dulu spesifikasi hardware komputer yang Anda miliki, apakah sudah memenuhi syarat untuk menjalankan Windows 8 atau belum ?. Berikut spesifikasi minimal yang harus komputer Anda penuhi :

Windows 8 x86 (versi 32-bit)

  • 1GHz Processor
  • 1GB RAM
  • 16GB Space Hard Disk
  • DirectX 9 graphics device dengan WDDM 1.0 atau diatasnya

Windows 8 x86_64 (versi 64-bit)

  • 1GHz Processor
  • 2GB RAM
  • 20GB Space Hard Disk
  • DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0 atau diatasnya

Saya rasa spesifikasi komputer diatas tidak berat-berat amat, karena komputer yang diproduksi diatas tahun 2000 sudah bisa memenuhi standar minimun diatas. Tentu saja semakin tinggi spesifikasi komputer yang Anda miliki dibanding spek minimun diatas maka akan semakin lancar jaya lah Windows 8 Anda nantinya.

Baca Juga : Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 8 Tanpa Kehilangan Aplikasi

2. Setting BIOS

sebelum kita mulai membahas tentang cara instal windows 8 anda harus mempelajari cara setting bios agar booting lewat CD/DVD terlebih dahulu. untuk setting bios bisa anda baca pada artikel ini berikut ini : cara setting bios agar booting via CD/DVD

3. Upgrade atau Fresh install..??

ada dua metode cara instal windows 8, yaitu upgrade dan fresh install. Biasanya sih jika ada versi baru dari Windows Anda jarang sekali menggunakan pilihan yang pertama yaitu upgrade ya kan..?? Anda lebih suka melakukan fresh install dengan memformat ulang dan membumi hanguskan semua aplikasi-aplikasi dan settingan-settingan pada Windows Anda sebelumnya. Alasannya sih biar lebih fresh gitu, dan lagian belum tentu juga aplikasi-aplikasi pada Windows lama Anda akan support di versi Windows terbaru.

Baca Juga : Ini Dia Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1, GRATIS!

Tapi kali ini, saya akan mengajak Anda untuk berfikir ulang sebelum melakukan fresh install, kenapa..??

karena semua program yang berjalan pada Windows 7 juga akan berjalan dengan baik pada Windows 8, so dengan pilihan upgrade Anda tidak perlu capek-capek menginstall kembali program-program yang Anda butuhkan, ya kan…?.

Tapi pilihan upgrade tidak selamanya tepat sih, tergantung situasi dan kondisi Anda, nah biar nggak bingung berikut saya berikan pertimbangan bagi Anda untuk memilih upgrade atau fresh install.

4. Upgrade dari Windows sebelumnya ke Windows 8

  • Jika Anda ingin mengupgrade Windows Anda ke versi Windows 8 enterprise, maka versi Windows Anda sebelumnya haruslah yang versi enterprise juga (misalnya Windows 7 enterprise, Vista enterprise), Anda tidak bisa melakukan upgrade dari versi Windows 7 home atau Windows 7 ultimate ke Windows 8 enterprise. Anda harus melakukan clean install untuk berpindah ke versi enterprise.
  • Upgrade dari Windows 7 ke Windows 8 seluruh program, setting dan personal files Anda akan tetap tersimpan dan masih bisa digunakan. Upgrade dari Windows Vista ke Windows 8 setting dan personal files Anda tersimpan namun program tidak dapat dijalankan lagi, sedangkan upgrade dari Windows XP ke Windows 8 hanya menyimpan personal files Anda saja.
  • Windows yang akan di upgrade harus dalam versi BIT yang sama, Windows 7 32 bit hanya bisa di upgrade ke versi Windows 8 32 bit, Windows 7 64 bit hanya bisa di upgrade ke Windows 8 64 bit, begitu juga dengan versi yang lain seperti XP 64 bit, Vista 32bit dlsb.

Untuk instalasi menggunkan proses upgrade caranya cukup gampang :

1. Back up semua data penting Anda ke media external seperti UFD, DVD, atau Hard disk external

2. Masukan CD/DVD atau UFD instalasi Windows 8 Anda

3. buka CD/DVD Anda, lalu double klik setup.exe

4. hingga muncul jendela pop up seperti gambar dibawah, klik tombol install now

cara instal windows

5. Pada jendela selanjutnya isikan product key atau serial number Anda, product key ini bisa Anda temukan pada kemasan DVD master Windows 8 Anda

6.cara instal windows 8 selanjutnya, jika komputer Anda online dan Windows yang Anda gunakan adalah Windows original, pada jendela dibawah ini pilihlah go online to install updates now, untuk mendapatkan update terbaru dari Windows Anda, tapi jika komputer Anda offline atau koneksi internet Anda cap kembang kenyot alias lemot dan Anda males nunggu proses donwload updates maka Anda bisa memilih menu no thanks. Mungkin Anda akan di takut-takuti bahwa instalasi nantinya bisa gagal jika Anda memilih menu no thanks, tapi cuekin aja….

cara instal windows

7. jika Anda memilih no thanks, maka Anda akan langsung dibawa ke jendela agreement, klik aja box pilihan i accept license term lalu pilih Next

8. pada langkah berikutnya pilih upgrade: install Windows and keep files, Settings and applications

9.cara instal windows 8 berikutnya, tunggu selama beberapa saat, Windows 8 akan melakukan konfigurasi sistem, jika sudah muncul jendela seperti dibawah ini, itu artinya komputer Anda sudah siap untuk melakukan upgrade, klik tombol install.

cara instal windows

10. tunggu proses instalasi Anda selesai ya..

11. setelah proses instalasi selesai, maka komputer Anda akan restart.

12. cara instal windows 8 berikutnya,  Anda akan dibawa ke jendela Personalize, pilih warna yang Anda sukai (Anda juga bisa mengubah tema warna nanti), jika sudah klik tombol Next.

13. cara instal windows selanjutnya adalah Anda kan dibawa ke jendela Settings, disini Anda bisa memilih menggunakan express Settings atau Anda ingin melakukan setting secara manual, jika Anda mau cepet dan nggak mau ribet maka pilihlah express Settings, tapi jika Anda memiliki waktu luang dan memang ingin melakukan konfigurasi secara manual maka pilihlah costumize untuk melakukan settingan secara manual.

14. Jika Anda memilih costumize maka Anda bisa mengatur sharing connection, pengaturan update Windows, pilihan untuk mengirim info ke Microsoft dlsb.

15. Sebagai contoh, karena saya nggak mau ribet maka saya memilih express Settings saja, toh nantinya juga saya bisa melakukan pengaturan-pengaturan tersebut secara manual setelah proses instalasi selesai.

16. cara instal windows selanjutnya, Pada jendela selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi password account Anda pada Windows yang lama, isikan password user Anda dengan benar

cara instal windows

17. cara instal windows 8 selanjutnya, bila komputer Anda online Anda bisa memasukan email Anda untuk membuat account Microsoft, account Microsoft ini nantinya berfungsi sebagai online account, jika Anda sudah memiliki Microsoft account sebelumnya ya Anda cukup memasukan email yang pernah Anda daftarkan di Microsoft. (baca bab sebelumnya tentang online account/Microsoft account ini).

18. Jika komputer Anda offline atau memang Anda tidak ingin untuk membuat Microsoft account (gratis loh Microsoft account), Anda bisa langsung mengklik tombol skip atau sign in without Microsoft account, nah jika Anda memilih opsi ini maka Anda nanti akan login menggunakan Local account, tapi Anda nggak usah khawatir karena nanti juga Anda bisa membuat Microsoft account kok…

19 Sebagai contoh saya langsung klik skip atau sign in without Microsoft account sajauntuk melewati proses ini, saya akan membuat Microsoft account nanti saja setelah proses upgrade selesai

20. cara instal windows berikutnya, Tunggu selama beberapa saat dan tadaaa…..proses upgrade telah selesai, Anda pun bisa menggunakan Windows Anda seperti semula, tanpa harus menginstall ulang semua program-program Anda sebelumnya, praktis dan hemat waktu kan cara instal windows seperti ini…?

cara instal windows

Dan berdasarkan hasil test laboraturium (ceilehh…) yang telah saya lakukan pada komputer saya, saya secara sukses 100% melakukan upgrade dari Windows 7 versi home premium ke Windows 8 Release Preview dan semua aplikasi-aplikasi yang ada pada Windows 7 saya dulu bisa dijalankan pada Windows 8 dengan mulus.

Bahkan settingan-settingan, profile , history, chace browsing semua masih tersimpan dengan aman dan bisa digunakan di Windows 8 saya yang baru…

5. cara instal windows 8 Fresh Install

cara instal windows berikutnya adalah fresh install. Untuk melakukan fresh/clean install caranya ya hampir sama dengan cara instal windows dengan metode upgrade, bedanya hanya terletak pada konfigurasi awalnya saja. Opsi ini akan memformat ulang drive system Anda (umumnya drive C:/) dan akan membumi hanguskan semua setting dan aplikasi yang ada didalamnya. namun sisi positifnya, OS Anda nanti jadi fresh dan bersih kembali, segala virus dan penyakit-penyakit (yang bersifat software) yang ada didalamnya akan musnah tapi ya repotnya itu Anda musti menginstall ulang program-program Anda kembali, so pilihan cara instal windows ada pada Anda….

cara instal windows 8 dengan metode fresh install/clean install ikuti langkah berikut :

1. sebelum anda mulai cara instal windows 8 fresh instal, Atur BIOS agar booting melalui DVD (baca caranya pada bahasan Settings BIOS)

2. cara instal windows 8 berikutnya,  masukan DVD instalasi Windows 8 Anda  dan bootinglah melalui DVD ROM, jika ada pesan “press any key to boot from DVD..” atau sejenisnya, tekan saja sembarang tombol keyboard Anda.

TIPS cara instal windows 8 : jika komputer Anda sudah terinstall Sistem Operasi sebelumnya, Anda bisa mulai melakukan instalasi tanpa harus menyetting BIOS, caranya silahkan Anda baca langkah 1-7 cara meng-upgrade Windows diatas, kemudian pada langkah ke 7 pilih custom – install Windows only (advance)

3. tunggu hingga komputer Anda menampilkan layar berikut :

cara instal windows

4. Klik tombol Next, lalu klik install now

5. cara instal windows berukutnya, pada jendela berikutnya tandai pilihan i accept the license term lalu klik Next

6. pilih custom : install Windows only (advanced)

7. cara instal windows selanjutnya, pilih partisi yang akan Anda gunakan untuk menginstall Windows 8, nantinya file-file system dari Windows akan diletakan di partisi ini, perlu Anda catat partisi ini nantinya akan di format sehingga semua data-data yang ada didalam partisi tersebut akan musnah, jadi sekali lagi pastikan semua data penting yang terdapat pada partisi ini sudah Anda backup terlebih dahulu.

8. cara instal winodws 8 berikutnya, Pilih partisi dan klik tombol Next

cara instal windows

9. Silahkan Anda tunggu proses hingga selesai.

10. cara instal windows 8 selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman Personalize , nah seperti halnya upgrade Windows yang sudah saya bahas diatas, disini Anda bisa memilih warna favorit Anda sebagai warna tema utama Windows, nanti juga Anda bisa menggantinya kok jika proses instalasi sudah kelar semuanya.

11. Setelah Anda memilih warna (atau biarkan dalam warna default), pada bagian PC- name, isikan nama PC Anda , terserah mau disii apa.

12. cara instal windows 8 selanjutnya, Klik tombol Next lalu klik use express Settings jika Anda ingin setting instan, atau klik costumize  jika Anda ingin cara instal windows yang ribet dikit.

13. Karena saya mau cara instal windows 8 yang cepet jadi saya pilih use express Settings, selanjutnya seperti halnya cara mengupgrade Windows tadi, pada halaman berikutnya Anda dipersilahkan untuk membuat Microsoft account (yang juga bisa Anda buat nanti setelah instalasi selesai). Jika Anda ingin membuat Microsoft account silahkan isikan email yang akan Anda gunakan untuk mendaftar kemudian ikuti prosesnya. Karena saya mau cepat dan ingin membuat Microsoft account nanti setelah instalasi beres, maka saya klik sign in without Microsoft account.

14. cara install windows 8 berikutnya, Pada jendela berikutnya klik Local account.

15. Isikan username dan password yang Anda kehendaki lalu klik tombol Finish.

cara instal windows

16. Tunggu selama beberapa saat dan berakhir sudah cara instal windows 8 anda, karena windows 8 anda sudah terinstall sempurna.

cara instal windows – Kesimpulan :

Jadi, Anda sendirilah yang bisa menentukan metode instalasinya, apakah menggunakan sistem upgrade ataukah fresh/clean install, tapi saya akan memberikan beberapa masukan kepada Anda :

  • Bila Windows Anda sebelumnya bersih, tidak banyak masalah, tidak banyak virus atau masalah-masalah software lainnya maka gunakanlah metode upgrade
  • Jika software-software yang terinstall pada Windows Anda sebelumnya sangat banyak dan semuanya memang software yang support Windows 7, maka lakukanlah metode upgrade karena Windows 8 mensupport semua aplikasi yang disupport Windows 7, lagi pula nantinya Anda tidak perlu menginstall ulang satu persatu software yang akan memakan banyak waktu.
  • Bila Windows versi sebelumnya memiliki bit yang sama dengan bit Windows 8 Anda (sama-sama 32 bit atau sama-sama 64 bit) maka lakukanlah upgrade.
  • Bila Windows versi sebelumnya adalah Vista atau XP maka lakukanlah clean/fresh install, karena mengupgrade Vista atau XP ke Windows 8 sama-sama harus menginstall kembali semua software Anda, jadi ya percuma saja, mending Anda clean install sekalian biar bersih..
  • Bila Windows Anda sebelumnya berpenyakitan, ber-virus, banyak masalah (software), maka lakukanlah clean install , itung-itung membersihkan penyakit yang bersarang di Windows Anda.

Tapi itu semua kembali lagi ke pribadi Anda masing-masing sih, kan Anda yang paling tahu sistem Anda ya kan…?? demikianlah artikel tentang cara instal windows 8 jika anda ada kesulitan tentang cara instal windows 8 diatas, jangan ragu-ragu ya untuk share di komen. Oh ya jika anda ingin install ulang Windows maka anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis yaitu Reset PC Windows 8