dual boot windows 7 dengan windows 8 – windows 8 sudah rilis, pengen migrasi tapi masih ragu tentang performa dan operasional dari windows 8..? atau anda masih sayang dengan windows 7 namun ngebet buat mencicipi windows 8..? cara paling mudah untuk mengakomodir keinginan anda itu adalah dengan menggunakan komputer virtual.

namun menggunakan komputer virtual tidak memaksimalkan kemampuan hardware anda sehingga windows 8 tidak bisa anda cicipi dengan sempurna. jika demikian solusi lainnya adalah dengan melakukan dual boot. jika sebelumnya anda menggunakan windows 7 maka anda bisa melakukan dual boot windows 7 dengan windows 8.

Baca Juga : Cara Upgrade ke windows 8 tanpa harus install ulang program

konsep aslinya dalam membuat dual boot sesama sistem operasi windows (dalam hal ini dual boot windows 7 dengan windows 8) anda harus membuat 2 partisi primary (primer). karena sistem operasi windows hanya mau diinstall di partisi primer. hal ini berbeda dengan ubuntu yang bisa diinstall di jenis partisi apapun dan manapun.

untuk membuat partisi primer anda harus bermain-main dengan sistem partisi hard disk anda. anda harus tau caranya membuat partisi baru, shrink volume, menghapus partisi, merging paritisi dlsb. untuk anda pengguna advance tentu ini bukan suatu masalah lagi. tapi bagaimana dengan kita yang masih pemula…?. bermain paritisi bisa membahayakan keselamatan Data anda. karena sedikit saja kesalahan yang anda perbuat beresiko untuk kehilangan data.

Baca Juga : Membuat Silent Installer, Instalasi Software Tanpa Menekan Tombol Apapun

untuk itulah trik kita kali ini mengambil cara yang paling praktis dan paling aman. sehingga anda pengguna awam sekalipun bisa melakukannya tanpa harus takut kehilangan data karena salah memformat atau membuat partisi. kita juga akan membuat dual boot windows 8 dan windows 7 di komputer real bukan komputer virtual.

konsep trik kita kali ini adalah dengan membuat sebuah partisi atau hard disk virtual, untuk kemudian hard disk virtual tersebut kita install windows 8. hal ini untuk meminimalisir kesalahan sistem dan kerusakan partisi yang akan mengakibatkan kehilangan seluruh data anda. namun walaupun windows 8 kita install pada hard disk virtual mesin yang kita gunakan adalah mesin real bukan mesin/komputer virtual. jadi ya sama aja dengan anda menginstall windows 8 dengan cara normal.

Baca Juga : Ini Dia Cara Update Windows 8 ke Windows 8.1, GRATIS!

dual boot windows 7 dengan windows 8 – membuat hard disk virtual (VHD)

langkah awal dalam membuat dual boot windows 7 dengan windows 8 adalah membuat virtual hard disk (VHD) pada windows 7. ikuti langkah berikut ini :

1. akses menu Run dengan menekan kombinasi tombol Windows + R keyboard anda, lalu ketikan diskmgmt.msc, tekan enter jika sudah

dual boot windows 7 dengan windows 8

2. akan muncul jendela disk management, klik menu Action > create VHD

dual boot windows 7 dengan windows 8

3. klik tombol Browse dan tentukan lokasi penyimpanan hard disk virtual anda, sebagai contoh kita simpan saja di C: , untuk itu klik drive C: lalu berikan nama hard disk virtual anda lalu klik Save, sebagai contoh untuk namanya kita isikan saja windows 8.

4. selanjutnya pada bagian virtual hard disk size isikan kapasitas hard disk virtual anda, sebagai contoh kita isikan saja 20000 MB atau 20 GB , tentu saja ini bukanlah harga mati, karena anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas hard disk yang anda miliki. tapi saran saya minimal 20GB lah kapasitas hard disk virtualnya.

dual boot windows 8 dengan windows 7

5. jika sudah klik tombol OK

6. tunggu hingga hard disk virtual anda selesai dibuat. setelah proses selesai, maka pada jendela disk management anda akan terdapat sebuah hard disk unallocated baru sebesar 20 GB (atau kapasitas yang anda tentukan pada point nomor 4 tadi)

dual boot windows 8 dengan windows 7

7. klik kanan pada hard disk virtual anda lalu pilih initialize disk

dual boot windows 8 dengan windows 7

8. pada jendela berikutnya, biarkan partisi menggunakan MBR (biarkan tanda centang pada opsi MBR), langsung saja klik OK

dual boot windows 7 dengan windows 8

9. jika sudah klik kanan pada bagian unallocated lalu pilih new simple volume

dual boot windows 7 dengan windows 8

10. akan muncul jendela wizzard , klik tombol next , next, next, hingga anda sampai pada halaman seperti gambar dibawah ini, anda bisa menentukan nama volume hard disk virtual anda, sebagai contoh kita isikan Eri Cakep (jika anda nggak ikhlas dengan nama ini, anda boleh menggantinya dengan nama lain, tapi resiko gagal anda tanggung sendiri ya…:D )

dual boot windows 7 dengan windows 8

11. klik next jika sudah. dan terakhir klik finish

12. tunggu hingga proses formatting selesai (ditandai dengan hilangnya text formatting), kalo udah ilang berarti anda udah sukses bikin VHDnya. dan anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

dual boot windows 7 dengan windows 8

Install Windows 8 pada VHD anda

tahap selanjutnya adalah menginstall windows 8 pada VHD (hard disk virtual yang baru saja anda buat) ikuti step by step berikut :

1. ketikan windows powershell pada search bar anda , lalu klik kanan windows powershell dan pilih run as administrator dan klik yes pada jendela konfirmasi yang muncul

dual boot windows 7 dengan windows 8

2. copy dan paste perintah berikut pada jendela powershell anda lalu tekan enter

Set-ExecutionPolicy RemoteSigned

3. pada pertanyaan yang muncul pada jendela powershell ketik “Y” (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter.

dual boot windows 7 dengan windows 8

4. langkah selanjutnya download Script ini (install-WindowsImage.ps1), selesai di download pindah kan file Install-WindowsImage tersebut ke drive C.

dual boot windows 7 dengan windows 8

5. klik kanan file Install-WindowsImage tersebut lalu pilih properties, dan pada jendela properties klik tab general dan klik unblock, jika tidak terdapat tombol unblock ya nggak papa, anda bisa lanjut ke step berikutnya.

6. jika sudah, masukan DVD instalasi windows 8 anda. jika yang anda miliki adalah file .iso nya maka mount terlebih dahulu file .iso anda.

7. sekarang kembali ke jendela powershell, ketikan perintah berikut :

cd C:

tekan enter jika sudah. perintah tersebut bertujuan untuk berpindah direktori ke direktori C:/

dual boot windows 7 dengan windows 8

8. selanjutnya ketikan perintah berikut :

code

dual boot windows 7 dengan windows 8

perhatikan baik-baik perintah diatas, untuk D:SourcesInstall.wim , ganti drive letter D: dengan drive letter DVD ROM tempat dvd instalasi windows 8 anda berada. karena DVD ROM tempat DVD instalasi windows 8 saya drive letternya adalah D: maka perintahnya ya D:SourcesInstall.wim , jika drive letter DVD anda adalah E:\ maka perintah pada bagian tersebut menjadi E:\Sources\Install.wim , jika F: maka menjadi F:\Sources\Install.wim.

jika sudah perhatikan pada bagian -Destination E:\ , ganti E\: dengan drive letter hard disk virtual anda. kebetulan hard disk virtual Eri Cakep yang saya buat tadi drive letternya adalah E\: jadinya perintahnya menjadi -Destination E:\ , jika drive virtual anda berada di drive F: misalnya maka perintahnya menjadi

-Destination F:\ , jika virtual hard disk anda drive letternya Z:\ misalnya maka perintahnya menjadi -Destination Z:.

gitu ya, jadi harus anda sesuaikan perintah diatas dengan drive letter anda. jika sudah tekan Enter dan tunggu proses instalasi selesai. proses instalasi mungkin akan memakan waktu agak lama jadi bisa anda tinggal makan pisang dan ngupas kacang dulu.

jika sudah selesai anda akan diberikan notifikasi seperti gambar dibawah :

dual boot windows 7 dengan windows 8

Tips : jika lama banget nggak kelar-kelar coba tekan enter keyboard anda

9. jika sudah sekarang akses command prompt anda dengan hak akses administrator, caranya ketikan cmd pada search bar, lalu klik kanan pada cmd yang muncul dan pilih run as administrator , klik yes pada jendela konfirmasi yang muncul.

dual boot windows 7 dengan windows 8

10. pada jendela command prompt anda ketikan perintah berikut :

win8_03 Dec. 22 07.52

ganti drive letter E: dengan drive letter hard disk virtual anda. lihat pada penjelasan saya sebelumnya.

dual boot windows 7 dengan windows 8

11. tekan enter dan selesai deh. sekarang restart komputer anda. saat komputer anda booting akan muncul layar opsi boot seperti dibawah ini, anda tinggal pilih mau menggunakan OS yang mana.

dual boot windows 7 dengan windows 8

jika sudah pilih windows 8 dan anda bisa melakukan setup instalasi windows 8, baca bahasan cara install windows 8

jika anda ingin menghapus windows 8 yang anda install ikuti langkah berikut :

1. masuk ke dalam WINDOWS 7, abis itu akses msconfig, ketikin aja msconfig di search menu terus tekan enter.
2. pada jendela msconfig klik tab boot, disana akan ada dua entri boot. pertama boot windows 8 ke dua boot windows 7.
3. klik boot windows 8, terus klik tombol delete
4. klik OK, restart komputer.
5. hapus file .vhd dari windows 8.

demikian, kalo ada yang error atau gagal bisa di share di komen, semoga bisa dibantu…:)