kompres gambar berguna untuk meringankan aktifitas berbagi gambar di berbagai sosial media, blog, atau file sharing. karena gambar yang terlalu besar kapasitasnya akan menyiksa yang melihatnya hal ini di kenal dengan istilah Bandwith Killer. dan waktu uploadnya juga bakal tambah lama kan..?? solusinya gimana..?? ya solusinya adalah dengan melakukan kompresi gambar agar kapasitas filenya nggak terlalu gede.

Bagi anda pengguna ubuntu anda bisa mengompress gambar menggunakan baris perintah

Tapi kadang terjadi dilema saat anda melakukan pengompresan file image, karena besar size image selalu terbanding terbalik dengan kualitas dari image tersebut. Semakin anda mengompres sebuah file image maka semakin pecah lah kualitas image yang dihasilkan. Untuk itu anda musti pintar-pintar mejaga keseimbangan antara kualitas image dengan kapasitas image, jangan sampai terlalu berat sebelah.

Sebagai contoh file image header template praktek, sebelum di kompres memiliki image size 62,8 KB, setelah di kompres dengan kompresan yang masih diterima akal sehat image sizenya berkurang secara signifikan menjadi 17,1 KB dan setelah di kompress lagi dengan kompresan keteralaluan maka image sizenya berubah hanya sekitar 2KB tapi gambar yang dihasilkan sudah pecah dan tak layak pakai.

Baca Juga : Cara Mengompres dan Mengoptimalkan File CSS & JavaScript

Gambar 1 : tanpa di kompres

kompres gambar

Gambar 2 : kompres gambar dalam tahap masih bisa diterima

kompres gambar

Gambar 3 : kompres gambar  gila!!

kompres gambar

Kompresan gila…! dari 62KB menjadi 22KB, tapi gambar yang dihasilkan juga gila alias kacau!

Kalau bedanya hanya beberapa puluh KB buat apa sih di kompres segala? Memang umumnya dalam kehidupan berkomputer sehari-hari memang kesannya satuan KB itu kecil, sangat kecil malah. Tapi untuk ukuran source sebuah website puluhan Kilobyte itu sangat berharga. Coba Sekarang anda bayangkan berapa waktu yang bisa anda pangkas bagi pengguna internet yang menggunakan sambungan GPRS misalnya?

Kecepatan maksimal GPRS seperti yang kita ketahui adalah 64Kbps atau 8 KB/s yang secara kasarnya dapat dinyatakan kemampuan download maksimal dalam 1 detik adalah 8 KB. Diatas kita sudah mengkompress header dari 64 menjadi 17 yang artinya kita menghemat 47 KB. Jadi kita bisa menghemat waktu loading bagi pengguna GPRS 47/8 = 5,7 detik….! (lumayan kan..?). itu baru satu file, kalau di akumulasikan..? anda akan mempersingkat waktu loading secara signifikan.

Dari tadi kita ngomongin masalah kompres…kompres dan kompres…terus ngompres nya pake apa..?? banyak sekali tool yang menyediakan fungsi untuk mengompress file image, anda juga bisa menggunakan adobe photoshop melalui fitur save for web and device.

Baca Juga : Membuat gambar animasi gif dengan photoscape

Ada program yang cukup mumpuni dan memang khusus digunakan untuk optimizer yaitu xat image optimizer. Program ini cukup handal untuk mengompres file dengan format .jpeg (walaupun bisa digunakan untuk mengoptimize format file lain tapi hasil kompresan terbaik dari program ini adalah dari file .jpeg) selain itu banyaknya variasi setting akan memudahkan anda untuk melakukan pengompresan tanpa terlalu berpengaruh terhadap kualitas. Tapi sayang program ini tidak gratis, untuk itu kita menggunakan program yang gratis saja. Soal kualitas? Gak kalah kok dengan yang berbayar.

Program gratis yang saya maksudkan adalah irfan view, sebenarnya irfan view ini adalah sebuah image view software seperti ACDsee, tapi dia memiliki plugin save for web yang dapat kita gunakan untuk kebutuhan optimize image. Plugin ini mirip dengan fitur photoshop save for web and device yang memang fungsi utamanya adalah untuk mengoptimize image-image yang akan diguanakan sebagai source sebuah web.

Baca Juga : Cara Membuat Logo Dengan Background Transparan

Untuk mengompres gambar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Instal dulu program irfan view beserta pluginnya ke komputer anda

2. Buka program irfan view , kemudian klik menu file > open atau dengan mengklik icon folder open.

3. Jika sudah cari dan buka file image yang akan anda optimize. Saya membuka file header.jpg yang terdapat dalam template praktek untuk di kompres.

kompres gambar

4. Jika sudah klik menu file > save for web

5. Akan muncul jendela baru, disana terdapat dua jendela preview yang kanan adalah preview file asli sedangkan yang kiri adalah preview file setelah di kompres.

kompres gambar

6. Cara kompres nya juga gampang banget, anda tinggal geser slide quality ke kiri atau kekanan, semakin kekiri semakin kecil nilai persen quality maka image yang dihasilkan akan semakin kecil pula ukuran filenya (semakin terkompres) namun kualitas image akan semakin menurun. Begitu pula sebaliknya.Semakin kecil nilai persen maka semakin kecil kapasitas file yang dihasilkan namun kualitas gambar semakin menurun.

7. Jika anda menghendaki ukuran file tertentu, maka klik tombol compress to size, pada jendela pop up yang muncul isikan nilai ukuran file yang anda inginkan (dalam KB) klik OK jika sudah.

kompres gambar

8. Jika anda ingin mengkonver atau mengubah format file anda tinggal mengklik tombol JPEG | GIF | PNG untuk menentukan format output gambar.

9. Jika anda sudah puas klik tombol save untuk menyimpannya, cara diatas adalah untuk mengompres file jpg

Compres .png

Untuk mengkompres file dengan ekstensi .png menggunakan irvanview, anda bisa melakukannya dengan mengurangi jumlah warnanya, semakin rendah jumlah warna maka semakin rendah pula kapasitas file yang akan dihasilkan dan tentu juga akan memperngaruhi kualitas gambar.

1. Sebelum melakukan pengurangan warna klik icon png terlebih dahulu

2. Lakukan pengurangan warna dengan mengklik menu dropdown yang terdapat pada bagaian color reduction. 

kompres gambar

3. Jika ingin memasukan jumlah warna secara manual anda dapat mengisikannya pada bagian reduce colors to (geser slide atau isikan angkanya secara manual)

4. Untuk variasi blending dari warna-warna tersebut coba-coba pilihan berikut

kompres gambar

5. Jika sudah puas klik tombol save.

kompres gambar

Awas…!! anda akan kehilangan transparancy jika menggunakan settingan default dari tool ini untuk mengompres png image yang memiliki bagian transparan. Sehingga jika anda memiliki file png yang semula terdapat bagian yang transparan maka bagian yang transparan tersebut akan hilang (berubah menjadi background warna hitam).

  • Untuk tetap menjaga nilai transparansi dari imge klik menu tools > option 
  • Akan muncul jendela pop up option, klik tab RIOT plugin, tandai pilihan import ancillary data…., klik OK jika sudah.
  • Restart program irvan view, dan kini anda akan mendapati ada beberapa tab baru muncul di bagian bawah jendela kerja irvan view saat anda mengakses plugin save for web.

kompres gambar

  • Untuk menjaga agar image yang akan di kompres tetap transparan klik tab mask , kemudian tandai pilihan keep transparency, geser slide pada bagian threshold untuk menentukan halus kasar tepian transparansi.

Untuk optimasi image dengan format .gif pada prinsipnya sama dengan optimasi image dengan format PNG.

Baca Juga : Mengubah Scan Image menjadi file Word

DOWNLOAD IRFANVIEW