Macam-macam keyboard dan fungsi tombol keyboard - Papan ketik atau keyboard terdiri dari bermacam – macam jenis, namun penggunaannya tetap sama. Yang beda paling hanya layoutnya saja. Layout keyboard untuk PC berbeda dengan layout keyboard untuk laptop. Bahkan terkadang layout keyboard merek yang satu berbeda dengan merek yang lain. Namun perbedaannya tidak signifikan kok, paling hanya berbeda letak 1 atau 2 tombol sedangkan layout dasarnya tetap sama antara masing-masing jenis keyboard. Tapi ada juga sih keyboard yang benar-benar beda secara fisik, yaitu keyboard fleksibel yang bisa di gulung, Canggih!

Baca Juga :

Keyboard dan tombol Keyboard PC (Personal Computer)

Keyboard pada komputer personal/komputer meja memiliki tombol yang lengkap. Selain tombol huruf juga terdapat numeric pad yang merupakan sekumpulan tombol yang hanya berfungsi untuk angka-angka. Numeric pad sangat berguna jika anda bekerja hanya dengan angka-angka saja (operasi perhitungan, kasir dlsb).

Terkadang layout keyboard PC satu berbeda dengan yang lainnya, tergantung dari merek dan kegunaan keyboard. Untuk keyboard khusus game misalnya, terdapat tombol-tombol tambahan yang berfungsi untuk gaming, keyboard khusus multimedia terdapat tombol-tombol untuk kebutuhan multimedia seperti play, rewind, pause dlsb. Namun perbedaan tombol-tombol ini tidak begitu signifikan, karena layout dasarnya/layout standarnya tetap sama.

Berikut layout standard dari tombol keyboard PC :

macam - macam tombol keyboard

 

Tombol fungsi, terdiri dari tombol-tombol F1, F2 hingga F12. Tombol-tombol ini memiliki fungsinya masing-masing, seperti tombol F6 untuk refresh, F2 untuk rename, F8 untuk masuk safe mode dlsb. Tombol-tombol ini juga biasanya di kombinasikan dengan tombol peralihan seperti shift, ctrl dan alt yang membentuk perintah atau fungsi tersendiri.

Tombol ketik, berisi tombol-tombol alphabet, angka, tanda baca dlsb. Tombol-tombol ini akan sering anda gunakan dalam mengetik, maka dari itu layout atau tata letak tombol ini akan tetap sama pada jenis-jenis keyboard.

Tombol kursor, tombol keyboard ini terdiri dari tombol arrow (tombol dengan tanda anak panah), Insert, Home, PageUp (PgUp), PageDown (PgDn), Delete dan End. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengontrol kursor.

Numeric pad, tombol-tombol ini selain berfungsi untuk mengetikan angka juga bisa berfungsi sebagai tombol kursor. Dengan tombol ini anda bisa melakukan operasi yng berhubungan dengan pengetikan angka-angka dengan cepat, karena letak tombolnya yang berdekatan. Untuk mengaktifkan mode pengetikan angka pada Numeric pad anda harus menekan tombol Num lock terlebih dahulu.

Tombol peralihan, yang termasuk kedalam tombol keyboard peralihan adalah tombol Shift, Ctrl dan Alt . Jika di pencet tombol-tombol ini tidak memiliki fungsi secara individu. Tombol-tombol ini baru memiliki fungsi jika di kombinasikan dengan tombol lain seperti CTRL + S untuk menyimpan file, CTRL + F4 untuk menutup aplikasi dlsb.

Beberapa tombol individu yang nggak muncul karakternya jika anda pencet

Enter , tombolkeyboard ini bertuliskan ENTER pada keyboard anda dan terkadang bergambarkan tanda panah ↵ , gunakan tombol ini untuk mengakhiri paragraf dalam sebuah teks.

Esc, disebut tombol “escape”, tombol ini tidak terlalu memiliki fungsi pada saat anda bekerja pada Word. Ketika anda memencet tombol ini tidak akan terjadi apa-apa pada jendela kerja anda. Saat kotak dialog muncul tombol ini berfungsi sebagai tombol cancel, yah mungkin itu satu-satunya fungsi tombol ini pada aplikasi Word.

Spasi, satu-satunya tombol keyboard yang nggak memiliki simbol, fungsinya untuk menambahkan spasi diantara kata.

Tab, tombol untuk menyisipkan tab karakter yang akan memberikan jarak pada karakter berikutnya.

Backspace, pada keyboard tombol ini kadang hanya disimbolkan dengan tanda panah saja ← . Tombol ini berfungsi untuk menghapus dan membackup karakter. Jadi karakter yang sudah dihapus dengan tombol ini bisa anda kembalikan dengan proses Undo.

Delete, pada tombol keyboard ini biasanya dituliskan dengan DEL saja. Fungsinya sama dengan Backspace yaitu menghapus karakter. Bedanya tombol backspace menghapus karakter dari kanan ke kiri sedangkan tombol DEL menghapus karakter dari  kiri ke kanan.

Shift, tombol shift digunakan untuk menghasilkan huruf kapital, misalnya jika anda ingin mengetikan huruf A maka anda harus menekan tombol Shift dan tombol A secara berbarengan sehingga karakter huruf A yang dihasilkan adalah huruf kapital (huruf besar).

Ctrl, tombol keyboard ini disebut dengan tombol control, salah satu tombol peralihan yang tidak memiliki fungsi secara individu.

CAPSLOCK, berfungsi mirip tombol Shift, bedanya jika anda menggunakan tombol Shift anda harus memencetnya terus menerus, sedangkan pada tombol CAPSLOCK anda hanya perlu memencet sekali saja.

Misalnya anda ingin mengetikan kata JAKARTA , semua huruf merupakan huruf kapital. Tekan tombol CAPSLOCK lalu ketikan “jakarta” seperti biasa. Dan huruf-huruf yang dihasilkan semuanya huruf kapital.

Jika anda ingin beralih kembali ke huruf kecil tekan kembali tombol CAPSLOCK dan lampu pada tombol CAPSLOCK akan padam, itu artinya tombol CAPSLOCK sudah nonaktif.

Tombol keyboard Laptop

Karena dirancang untuk kebutuhan mobile maka laptop keyboard tampil lebih kompak dibanding dengan keyboard untuk PC, tidak ada numeric pad pada keyboard untuk laptop. Namun untuk layout dasarnya sama saja dengan keyboard untuk PC.

Gambar dibawah ini adalah layout standar dari keyboard laptop. Laptop milik anda mungkin saja memiliki layout yang berbeda, namun perbedaan itu biasanya hanya terletak pada tombol home, end, delete pgup, pgdn dan tidak meliputi layout tombol ketik.

macam - macam keyboard

Ada satu tombol yang tidak terdapat pada tombol keyboard PC yaitu tombol Fn. Tombol ini berfungsi untuk mengakses fungsi kedua dari tombol F1, F2 hingga F12. Dengan demikian fungsi tombol ini tidak berdiri sendiri, namun harus di kombinasikan dengan ke 12 tombol F. Fungsinya tergantung dari jenis dan merek laptop anda, tapi biasanya tombol Fn + F ini berfungsi untuk mengatur kerja laptop anda seperti mengatur kecerahan layar, volume suara, wifi, touch pad dlsb.

Tombol keyboard Touch screen

Sekarang jamannya touch screen alias layar sentuh. Berbagai vendor berlomba-lomba untuk membuat dan memasarkan perangkat berbasis layar sentuh. Untuk itu mau tidak mau anda harus terbiasa menggunakan keyboard layar sentuh, mungkin tidak untuk saat ini tapi dimasa yang akan datang bisa saja penggunaan keyboard tradisional digantikan sepenuhnya oleh keyboard layar sentuh.

Keyboard layar sentuh pada prinsipnya sama dengan keyboard biasa, hanya saja tidak ada bentuk fisiknya. Jadi anda hanya perlu membiasakan diri saja, tidak ada yang harus dipelajari ulang.

macam - macam keyboard

Anda juga bisa menggunakan perangkat android sebagai keyboard loh. dan jika anda sudah menguasai keyboard sekarang saatnya anda belajar mengetik 10 jari namun sebelumnya kuasai dulu dasar mengetik 10 jari.