brushBanyak sekali macam – macam brush unik di internet, kita bisa download sesuai kebutuhan selera, tapi kurang asyik kalo kita hanya dimanjakan oleh mereka yang menyediakan brush gratis di internet sekali kali kita buat brush dan di share di internet.he,he

Hmp… masih ada yang belum tau ama brush Tool , waduh kayaknya baru kenal ama komputer ne…he,he.. jadi gini gan, buat ente yang baru kenal komputer,  :-D  ane kasih tau. Biasanya bagi mereka yang menggunakan komputer untuk desaign graphic  ga jauh jauh dari yang namanya program Adobe Photoshop, nah brush tool ini adalah salah satu tool atau alat yang ada pada program adobe photoshop. Gimana dapat pencerahan ga? Kalo engga minta tolong aja ya ame mbah google… he,he  ….

Baca Juga : Memperbaiki gambar hasil scan dengan photoshop

Oke langsung aje,langkah pertama untuk membuat brush sendiri pada adobe photoshop yaitu kita membuat objek dulu, terserah mau bentuknya kaya gimana yang penting ada nilai artistiknya atau bisa juga kita ngambil objek dari bagian Photo. Nah Yang akan saya ambil contoh di sini, saya menggunakan sampel objek Photo yang berbentuk kobaran api. Bagian api tersebutlah yang nantinya akan saya jadikan brush. ok langsung aja kita mulai…..

 

Setelah kita buka Photo kobaran api kita buat seleksi agar terkena gambar apinya saja(ngambil gambar api aja). Biar gampang nyeleksi apinya kita gunakan menu Select – Color Range

Arahkan pen color range pada gambar api saja, kalo rasa udah cukup klik ok. Kemudian gambar api akan ada tanda seperti garis putus putus, itu tandanya api sudah terseleksi. seperti gambar api diaatas.

Baca Juga : Software edit foto terbaik

Kemudian step selanjutnya adalah mengcopy api yang terseleksi pada layer baru dengan cara tekan tombol keyboard “Ctrl + J” nanti akan ada layer baru bergambar api ,tapi sisi luarnya transparan, kalo belum transparan coba non aktifkan indicates layer visibility (ituloh icon gambar mata yang disebelah layer) pada layer background / layer paling bawah, agar media kerja juga ikut transparan .

Setelah objek brush yaitu api yang kita inginkan sudah siap kita bisa langsung buat brush apinya (layer baru yang aktif) dengan cara masuk menu Edit – Define Brush Preset, nanti akan keluar kotak dialog untuk memberikan nama brush baru. Beri aja nama sesuka hati. Nah kalo udah, brush baru bisa di ceck dengan mengklik brush tool. Kemudian klik “to open brush preset picker” nanti akan terlihat brush yang baru dibuat biasanya diurutan paling bawah, langsung aja klik brush tersebut untuk dicoba. Kalo udah  langsung aja dicoba goras gores dikanvas  he,he

Kalo brush udah jadi N’ agan maw share tuh bursh ma temen2 agan silahkan disave dengan cara klik menu edit – preset manager – pilih brush yang maw disimpan – save-ganti nama brus- pilih lokasi simpan  …… beres,,, nanti format brush menjadi namabrush.abr.

Baca Juga : Aplikasi edit foto online terbaik

Semoga Tut sederhana ne bisa bermanfaar selamat mencoba !!!!!! :mrgreen: