Mempercepat booting Android dengan Rescan Media Root - Apakah anda sering melakukan reboot perangkat android anda..?? sempet kesel karena waktu booting perangkat android anda lama banget ? kesel nunggu waktu booting sampai jamuran hanya untuk menunggu home screen muncul..?? yah kejadian di atas emang sering kali anda alami melakukan reboot, tapi nggak usah manyun dulu karena kali ini eridesktop.com bakal membahas tentang aplikasi yang bisa mempercepat boot android.

Pengguna Android Wajib Baca : 

Ketika anda mereboot sebuah perangkat Android, dan anda merasa kok proses loading menuju homescreen lama banget sih….? lalu muncul notifikasi pada notification bar yang berbunyi “Media scanner is running..”, setelah proses “Media Scanner is running” selesai baru deh perangkat android anda bisa digunakan kembali.. sebenanrnya proses “media scanner is running..” itu proses apaan..?? bikin lemot booting perangkat android ane aja nih…? (yah mungkin anda pernah berfikiran seperti itu)

Proses tersebut merupakan proses scanning dari SDcard untuk melakukan pencarian file gambar, musik, video, dan file lainnya. Maka dari itu semakin besar kapasitas SDcard pada perangkat Android anda, maka akan semakin lama proses scanningnya. Dan semakin lama pula perangkat android anda untuk siap digunakan dari proses reboot.

Mempercepat booting Android

Proses ini memang bikin bete dan kesel sebagian besar pengguna Android, nah kali ini eridesktop.com akan memberikan cara untuk mempercepat booting android anda.

Pertama download dan install dulu nih aplikasi Rescan Media Root di Google Play Store. GRATIS bro…nggak usah khawatir.

Jika sudah, sebelum kita mulai mempercepat booting android, anda harus mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu, caranya masuk ke menu Setting Android anda kemudian pilih Applications, kemudian pilih Development, dan beri tanda centang pada bagian USB debugging.

mempercepat booting android

Terakhir buka aplikasi Rescan Media Root yang tadi sudah anda download dan install, lalu pilih Disable Media Scanner.

Jika anda ingin keluar dari aplikasi ini, sentuh tombol “back” sekali, dan tunggu selama 5 detik hingga anda benar-benar keluar dari aplikasi ini.

mempercepat booting android

Perlu anda ketahui, Jika anda mengaktifkan settingan Disable Media Scanner  ini maka saat anda membuka Gallery file musik, video, foto dan maka anda tidak akan menemukan sebiji file-pun disana dan akan muncul tulisan “No items”. Tenang, Ini bukan berarti file-file anda tersebut hilang, tapi karena anda menonaktifkan pemindaian media pada saat booting jadi file-file anda belum terbaca oleh sistem. Booting android anda bisa lebih cepat karena anda melewatkan proses media scanning ini.

Untuk dapat kembali melihat galeri file anda, buka kembali aplikasi Rescan Media Root dan proses scanning akan berjalan secara otomatis. Dan galeri file anda bakal nongol deh. Tapi  Bila tetap nggak muncul maka anda bisa memilih opsi Re-enable Media Scanner. Untuk mengaktifkan kembali media scanner saat android anda melakukan booting.

nah itu tadi trik untuk mempercepat booting android dengan membypass proses scanning media file. tapi jika anda menggunakan trik ini anda harus melakukan scanning media file secara manual, nggak papa yang penting kan anda bisa mempercepat booting android , sehingga sekarang anda nggak perlu nunggu sampai jamuran lagi saat android anda di reboot.

Jika android anda sudah ngacir anda bisa mempercantik android anda serta menambahkan keamanan android anda dengan menginstall antivirus terbaik untuk android.

selamat mencoba ya…