Mempercepat windows, Windows yang berjalan dengan ringan dan responsif tentu menjadi dambaan setiap penggunanya, namun untuk mendapatkannya kita harus “menanggalkan” beban-beban yang di pikul oleh sistem agar sistem dapat berlari dengan kencang, dan untuk mempercepat windows memang harus ada yang dikorbankan.

Speed-Up-Windows

Tampilan dan performa selalu berbanding terbalik, kalimat tersebut merupakan “pepatah” yang menjadi pedoman wajib bagi anda yang ingin mendapatkan performa yang maksimal. Tampilan yang fancy, lux , wah dan banyak pernak pernik beserta visual efek yang bertebaran di windows akan menghambat kinerja sistem, begitu pula sebaliknya. jadi sekarang mana yang anda pilih..? performa atau tampilan penuh gaya?

Baca Juga : Mempercepat Windows dengan Ready Boost

16 Langkah Mempercepat Windows Ala Eridesktop.com

oke deh langsung aja kita simak 16 langkah ampuh nan jitu untuk mempercepat windows anda.

Langkah 1, Matikan Aero Glass

Langkah untuk mempercepat windows yang pertama adalah mematikan aero glass. Aero glass memberikan efek transparan pada windows, cantik memang tapi cukup membebani sistem, jika anda menginginkan sistem yang bekerja lebih ringan anda bisa mematikan fitur ini caranya :

  1. Klik kanan desktop > personalize
  2. Klik window color
  3. Hilangkan tanda centang pada enable transparency

speed up windows

Langkah 2, Atur windows untuk performa terbaik

Langkah mempercepat windows yang kedua adalah mengatur performa windows. Untuk mengatur windows agar berjalan pada performa terbaiknya anda harus mematikan semua pernak-pernik dan efek pada desktop, dengan demikian windows hanya akan membutuhkan resource yang kecil saja. Sekarang klik start menu kemudian ketikan adjust performance pada search bar lalu tekan enter.

Pada jendela performance option yang muncul tandai pilihan adjust for best performance kemudian klik OK

mempercepat windows

Dan windows akan mematikan semua efek dan pernak-pernik yang dimilikinya, bagaimana terasa lebih ringan bukan..? tapi ya tampilannya akan kembali ke windows klasik.

Langkah 3, Jangan gunakan image sebagai wallpaper

Desktop background atau wallpaper berupa image itu juga memperberat kinerja sistem loh, agar windows anda menjadi ringan, gunakan warna polos saja sebagai desktop background anda.

Untuk melakukannya klik kanan desktop > personalize, klik desktop background yang terdapat pada bagian paling bawah jendela, pada halaman berikutnya klik menu dropdown pada bagian picture location kemudian pilih solid color , dan pilih warna yang akan anda jadikan desktop background.

langkah 4, Nonaktifkan program desktop moding

Langkah selanjutnya untuk mempercepat windows adalah menonaktifkan desktop moding. Nah program-program desktop moding (modifikasi desktop) seperti yang telah kita bahas pada bab awal itu juga mempunyai pengaruh ke sistem, dan jika anda menginginkan performa yang maksimal anda harus mematikan program-program seperti litestep, rainmeter, icon 3d dlsb.

langkah 5, Matikan service yang tidak dibutuhkan

langkah selanjutnya untuk mempercepat windows adalah mematikan service yang tidak berguna. Ini merupakan trik lama yang ternyata masih sangat ampuh pada windows 7, windows seven memiliki service-service yang berjalan sepanjang waktu, dan service-service ini merupakan “beban” bagi sistem, sayangnya tidak semua service-service yang berjalan tersebut benar-benar dibutuhkan oleh sistem anda.

Seperti yang kita tahu, lingkungan, kebutuhan dan kondisi sistem dari tiap-tiap komputer pastilah berbeda, ada komputer yang khusus buat ngegame, ada yang buat multimedia , ada komputer yang terhubung ke jaringan, ada komputer yang offline, ada komputer yang cuma buat ngetik dlsb.

Baca Juga : Defrag Drive Windows Dengan Defraggler Untuk Memaksimalkan Kinerja Windows

Celakanya windows nggak mau tau itu, windows tetap pada pendiriannya yaitu menjalankan service-service yang memang secara default sudah disetting untuk aktif tidak peduli seperti apa lingkungan dan kebutuhan anda terhadap sistem.

Disinilah peran anda untuk menuntun windows kejalan yang benar, agar bekerja sesuai dengan lingkungan yang anda inginkan. Jika misalnya komputer anda stand alone alias tidak terhubung ke jaringan apapun lantas buat apa service-servie yang berhubungan dengan jaringan..?? jika komputer anda hanya berfungsi sebagai mesin ketik lalu buat apa service-service yang berhubungan dengan multimedia…??

Untuk itu anda bisa mematikan service-service yang sekiranya tidak anda butuhkan, caranya ?

  1. Ketikan services.msc pada start menu search bar lalu tekan enter
  2. Akan muncul jendela services, disanalah terdaftar service-service yang ada pada windows seven beserta keterangannya.
  3. Untuk menonaktifkan service , klik kanan service yang ingin anda nonaktifkan kemudian pilih properties , misalnya anda ingin menonaktifkan service computer browser, maka klik kanan computer browser kemudian pilih properties
  4. Akan muncul jendela service properties, untuk mematikan service klik tombol stop, namun ini hanya akan mematikan service untuk sementara, service tersebut akan kembali dijalankan saat komputer anda start up.
  5. Untuk menonaktifkan service secara permanen, klik menu dropdown yang terdapat pada bagian start up type kemudian pilih disable

services

Duhhh….bingung nih mau matiin service yang mana saja….? tidak usah bingung, kenalilah sistem anda, definisikan kegunaan dari komputer anda, seperti yang telah saya utarakan diatas tadi, jika komputer anda offline maka matikan service yang bersifat jaringan, jika komputer anda adalah “mesin ketik” maka matikan service untuk multimedia.

Disini anda harus melakukan uji coba sendiri untuk menemukan konfigurasi yang paling tepat untuk sistem anda, jangan takut akan terjadi eror karena anda tetap bisa mengaktifkan service tersebut kembali atau mengembalikannya ke kondisi defaultnya, atau jika anda membuat sistem restore terlebih dahulu anda bisa lebih tenang dalam mengutak-atik sistem.

Namun saya akan memberikan anda sedikit pencerahan, berikut  ini saya lampirkan daftar lengkap service-service yang ada pada windows 7 beserta keterangannya, disamping itu pada kolom contoh tweaking saya memberikan konfigurasi yang saya lakukan pada komputer saya, komputer saya merupakan komputer stand alone yang tidak terkoneksi ke jaringan lokal namun terkoneksi ke jaringan internet. Jika anda memiliki kondisi yang serupa anda bisa menerapkan konfigurasi yang saya berikan, sampai sejauh ini aman kok…:),

download daftar lengkap service windows seven

Namun bagi anda yang memiliki kondisi komputer yang berbeda, anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan membaca deskripsi singkat dari service-service tersebut, dan jika anda ragu-ragu untuk menonaktifkan sebuah service sebaiknya anda pilih manual saja untuk start up type-nya

Trik ini selain bisa meringankan sistem juga akan mempercepat waktu booting anda.

langkah 6, Menutup paksa not responding program

Langkah berikutnya untuk mempercepat windows adalah menutup paksa not responding program. Apakah anda pernah mendapati sebuah aplikasi yang hang dengan tulisan not responding diatasnya…? menyebalkan sekali bukan? Lebih menyebalkan lagi ternyata windows membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menutup program yang not responding ini, nah dengan registry tweak berikut ini anda bisa memaksa windows untuk segera “menghabisi” not responding program tanpa harus menunggu lama.

Kali ini kita akan menggunakan cara lain untuk melakukan modifikasi registry, kita tidak perlu mengakses registry editor seperti yang sudah-sudah, melainkan hanya menuliskan beberapa baris script di notepad, tidak ada alasan lain mengapa kita melakukannya menggunakan cara ini melainkan hanya sekedar variasi saja , bahwa mengedit registry tidak hanya bisa dilakukan melalui registry editor tetapi juga bisa menggunakan script yang ditulis pada notepad.

Untuk itu buka program notepad anda kemudian ketikan script berikut ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]

"AutoEndTasks"="1"

"HungAppTimeout"="1000"

"WaitToKillAppTimeout"="2000"

"LowLevelHooksTimeout"="1000"

Jika sudah simpan script tersebut dengan mengklik menu file > save as, lalu pada bagian file name beri nama file EriKeren.reg (jika anda tidak ikhlas dengan nama tersebut J,  anda bisa memberi nama lain yang anda sukai asalkan ada ekstensi .reg nya ).

Selanjutnya pada bagian save as type pilih all files dan klik tombol save

Selanjunya double klik file EriKeren.reg yang baru saja anda buat tadi, pada warning box yang muncul klik yes lalu klik OK

Jika anda ingin melakukan modifikasi secara manual melalui registry editor juga boleh, anda tinggal mengakses key diatas kemudian mengedit string berdasarkan value data yang ada pada script diatas.

Angka-angka yang terdapat pada script (1000 dan 2000) itu bisa anda ubah-ubah nilainya dengan angka yang anda inginkan (dalam milidetik)

Dengan tweak registry diatas, kini saat ada not responding program , windows akan segara menghabisi program tersebut tanpa banyak tanya lagi.

langkah 7, Mempercepat menu delay

Dengan tweak registry berikut anda akan mempercepat windows bebarapa persen, karena waktu delay pada sistem anda akan berkurang, menu delay itu apaan sih..??, itu loh saat anda mengklik kanan file atau desktop, atau mengakses menu-menu yang ada pada toolbar, pasti membutuhkan waktu sepersekian detik hingga menu-menu tersebut muncul, nah waktu yang sepersekian detik itu bisa kita pangkas lagi sehingga menu tersebut dapat muncul lebih cepat.

Caranya sama dengan bahasan 5.1.6 diatas, hanya saja kali ini scriptnya adalah sebagai berikut:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]

"MenuShowDelay"="8"

Angka 8 tersebut bisa anda ganti-ganti berdasarkan waktu delay yang anda inginkan (dalam milidetik), bisa anda ganti 20, 10 atau bahkan 0 terserah anda deh..

langkah 8, Menonaktifkan low disc space check

Fitur ini akan mengaganggu anda dengan menampilkan notifikasi yang memperingatkan bahwa salah satu drive anda sudah penuh kapasitasnya. Iya…iya…saya kan sudah tau kalau salah satu hard drive yang saya miliki itu sudah penuh, nggak perlu diperingatkan berulang-ulang dong.

Baca Juga : Membersihkan Hardisk Secara Otomatis Pada Windows 8 Dengan Task Scheduler

Ya sudah , kita non aktifkan saja fitur ini, caranya tinggal mengetikan script berikut pada notepad:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]

"NoLowDiskSpaceChecks"=dword:00000001

Tentu saja anda harus menyimpan dan menjalankannya terlebih dahulu seperti yang sudah-sudah, registry tweak tersebut akan mengubah value data pada key NoLowDiskSpaceChecks menjadi bernilai 1 yang berarti NO.

Langkah 9, Mencegah windows mencari invalid shortcut

Langkah selanjutnya untuk mempercepat windows adalah mencegah invalid shortcut. Ketika anda meng-uninstal sebuah program terkadang shortcut program tersebut masih nyangkut di desktop, dan ketika anda double klik shortcut tersebut windows akan mencari-cari program yang bersangkutan. Programnya udah diuninstal kok masih dicari-cari..? gimana sih..?

Nah untuk mencegah windows mencari-cari program dari sebuah shortcut yang sudah invalid, ketikan script berikut di notepad.

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]

"NoLowDiskSpaceChecks"=dword:00000001

"LinkResolveIgnoreLinkInfo"=dword:00000001

"NoResolveSearch"=dword:00000001

"NoResolveTrack"=dword:00000001

Selanjutnya..? anda pasti sudah paham dong…

Jika anda merasa malas atau tidak punya waktu untuk mengetikan script-script dari registry tweak diatas, saya sudah menyediakan script gabunganya, yang anda lakukan cukup mengklik ganda file registrytweak.reg tersebut.

Lantas kenapa harus diurai satu persatu..?? ya agar anda bisa memahami fungsi dari script-script tersebut, jadi tidak hanya asal klik, tapi juga tahu apa yang anda klik.

langkah 10 , Mempercepat Windows dengan Readyboost

ReadyBoost merupakan fitur dari vista yang ternyata masih dibawa oleh windows seven, fitur ini akan menjadikan USB Flash Disk atau SD card anda sebagai cache tambahan bagi memori (RAM) anda, karena membaca dari flash disk lebih cepat 80-100 kali dari hard disk. ReadyBoost bukanlah pengganti RAM seperti yang banyak disalah artikan, keberadaan fungsinya lebih mirip sebagai swap atau virtual memori, jadi tugasnya hanya sebagai penyokong saja dan bukan pengganti RAM, namun walaupun demikian fitur ini sangat terasa sekali manfaatnya apalagi bagi anda yang memiliki kepasitas RAM yang pas-pasan.

Untuk dapat memanfaatkan fitur readyboost, USB flash disk harus tetap terpasang pada komputer, untuk itu sebaiknya anda menyediakan UFD yang memang dikhususkan untuk readyboost, kapasitas minimal UFD agar bisa digunakan untuk readyboost adalah 256MB, tapi lebih besar kapasitas UFD yang anda punya tentu saja akan lebih baik.

Untuk memanfaatkan UFD anda sebagai readyboost, colokan UFD anda ke komputer, kemudian akses start menu > computer, klik kanan icon drive UFD kemudian pilih properties

Pada jendela properties klik tab readyboost, jika anda ingin menggunakan seluruh kapasitas UFD, tandai pilihan dedicated this device to ReadyBoost, tapi jika anda hanya ingin menggunakan sebagian dari kapasitas UFD tandai pilihan use this device kemudian tentukan besar kapasitas UFD yang akan anda gunakan.

readyboost

Jika sudah klik tombol OK, jika langkah anda berhasil maka didalam UFD anda akan terdapat file ReadyBoost.sfcache dengan ready boost anda telah mempercepat windows sekitar 15%.

langkah 11, Matikan Fitur Search Indexing

Search indexing berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file, fitur ini akan sangat berguna bagi anda yang memang sering melakukan pencarian file, tapi ada dampak negatif-nya loh karena ternyata Fitur search indexing ini cukup membebani sistem.

Untuk itu bagi anda yang jarang melakukan pencarian file anda dapat mematikan fitur ini untuk mempercepat windows dan memperoleh performa sistem yang optimal, caranya:

  1. klik kanan menu computer yang terdapat pada start menu kemudian pilih manage.
  2. akan muncul jendela computer management, klik menu service and aplication lalu pada panel disebelahnya klik service 
  3. cari dan klik ganda windows search
  4. akan muncul jendela windows search properties, klik menu dropdown pada bagian Start up type kemudian pilih disabled
  5. terakhir klik OK

index search

Fitur-fitur windows yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan sebaiknya dimatikan saja, karena dapat meringankan beban sistem anda, untuk mematikan fitur-fitur windows ketikan windows faeture pada start menu search bar lalu tekan enter

Selanjutnya akan muncul jendela Windows Faetures disana terdapat daftar fitur-fitur windows, fitur yang diberi tanda centang merupakan fitur yang terinstall pada komputer anda, nah untuk menonaktifkan fitur-fitur tersebut anda tinggal menghilangkan tanda centangnya saja, sebagai contoh kita akan menonaktifkan internet explorer maka kita tinggal menghilangkan tanda centang pada bagian internet explorer, mudah kan…

Jika anda sudah selesai memilih fitur yang akan dinonaktifkan jangan lupa klik tombol OK ya.

langkah 12, Nonaktifkan sidebar gadget

Gadget-gadget yang ada pada sidebar juga sedikit banyak mempengaruhi kinerja sistem, jika anda ingin mempercepat windows anda sebaiknya anda tidak usah menggunakan gadget-gadget tersebut.

Untuk menutup gadget, anda tinggal mengklik tombol close pada gadget, dan dengan tidak adanya gadget pada sidebar maka anda akan mempercepat windows anda beberapa persen.

langkah 13, Aktifkan High performance Power plan

Power plan sangat bermanfaat bagi anda pengguna notebook atau laptop agar dapat memperpanjang masa guna baterai, namun bagi anda pengguna PC atau pengguna notebook yang sedang menggunakan AC power adapter (cas-casan laptop itu loh…) anda bisa memilih High Performance untuk skema power anda, agar performa dari sistem dapat berjalan dengan maksimal. dan anda pun bisa mempercepat windows anda.

Pada start menu search bar ketikan power plan kemudian tekan enter. Pada jendela berikutnya tandai pilihan high performance untuk mempercepat windows anda.

langkah 14, Non aktifkan Auto protection Antivirus

Walapun bagaimanapun keberadaan antivirus sangat penting untuk melindungi sistem anda dari serangan malware, namun seringkali fitur auto portection dari antivirus malah menjadi beban yang lumayan berat bagi sistem anda, jika anda ingin mempercepat windows maka sebaiknya anda menonaktifkan fitur auto protection antivirus anda, dan scan secara manual untuk setiap removable device seperti USB flash disk, hardisk portable, CD/DVD dlsb yang terhubung kekomputer anda

langkah 15, Selalu Update Windows dan Driver anda

Menjaga agar windows dan driver-driver hardware anda tetap up to date akan membuat sistem tetap segar, bugar dan responsif, untuk itu secara berkala lakukanlah update windows melalui fitur windows update, dan downloadlah driver-driver terbaru untuk hardware anda. langkah ini akan menyempurnakan usaha anda untuk mempercepat windows

Baca Juga : Cara Mencari, Mendownload dan Mengupdate Driver Windows

Langkah 16, Langkah TERAMPUH MEMPERCEPAT WINDOWS…!!!

langkah terakhir untuk mempercepat windows, langkah pamungkas dan terampuh dari trik mempercepat windows adalah, pergi ke toko komputer terdekat, dan ganti komputer anda dengan komputer yang baru dengan spesifikasi yang lebih canggih dan lebih up to date….. :twisted: