fontini untuk kesekian kalinya saya diberikan “pekerjaan” lebih oleh klien,  saya hanya diberikan versi print out dari company profile mereka untuk di “tuangkan” kedalam sebuah website. well… men-digitalisasi print out merupakan pekerjaan ganda yang akan menyita lebih banyak waktu kita, tapi yah….dari pada sekedar mengeluh yang memang nggak ada gunanya, saya anggap aja pekerjaan kali ini sebagai tantangan lebih bagi saya.

tantangan pertama dalam proses digitalisasi print out adalah menerka-nerka jenis font yang digunakan dalam print out company profile tersebut, tentu saja jenis fontnya gak bisa sembarangan kita karang-karang, karena itu merupakan identitas dari perusahaan tersebut. nah bagaimana cara mengenali jenis font yang di gunakan dalam sebuah lembaran print out…?? oke ikuti langkah berikut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Gambar Hasil Scan Image

karena saya bukan ki joko pinter, atau ki bambang gentolet maka saya nggak bisa TAU gitu aja jenis font yang digunakan hanya dengan melihat brosur print outnya, kemampuan tipografi saya juga terbatas, maka dari itu saya tetep membutuhkan versi digital dari print out brosur company profile tadi. maka langkah pertama yang saya lakukan adalah men-scan brosur company profile tadi untuk mendapatkan versi digitalnya. dan hasil scan-nya adalah sebagai berikut:

done!, saya sudah mempunyai versi digital dari brosur company profilenya, tapi apa urusan sudah selesai..?? tentu saja belum, karena versi digital yang ada disana masih mentah, masih berbentuk image, nah untuk mengetahui jenis font dari tulisan-tulisan yang ada disana ikuti langkah berikut ini:

Baca Juga :

1. buka image menggunakan photoshop.

2. lihat pada tab layer, double klik layer background

double klik layer photoshop

3. akan muncul jendela pop up new layer, klik tombol OK

new layer

4. lalu pilih text area yang akan anda kenali jenis fontnya, gunakan rectangular marque tools

5. tekan CTRL + SHIFT + C  lalu tekan kombinasi tombol CTRL + N, lalu tekan enter

6. tekan tombol CTRL + V maka area yang anda pilih tadi akan masuk disitu.

font select

7. selanjutnya klik menu image > mode > grayscale

grayscale mode

8. jika muncul kotak dialog seperti dibawah ini klik tombol flattern

flattern image

9. pada jendela pop up yang muncul berikutnya pilih discard

10. dan image anda menjadi hitam putih, selanjutnya klik menu image > adjustment > levels atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol CTRL + L

level

11. nah atur agar kontras antar font dengan backgroundnya lebih jelas terlihat, caranya dengan menggeser-geser slide yang ada disana, jika sudah terlihat jelas kontras antara font dengan backgroundnya klik tombol OK

font contras

12. jika sudah, simpan gambar anda dengan menekan tombol CTRL + S, beri nama file terserah anda, simpan di mana anda suka, untuk format gambarnya pilih saja .jpg , lalu tekan tombol SAVE

save as

13. jika sudah akses http://new.myfonts.com/WhatTheFont/ lalu upload image yang sudah anda save tadi, kemudian ikuti instruksinya dan horeeee…..jenis font andapun sudah ketahuan….

font sudah ketahuan

Baca Juga : Cara Membuat Brush Photoshop