Pernahkah anda menjumpai hard disk anda khususnya drive C tiba-tiba penuh..?? padahal anda nggak merasa nginstall software apa-apa. atau software yang anda install nggak akan menuhi drive c, kok tiba-tiba penuh gini..?? ada apa ini..?? kemana larinya space hard disk yang lain..? nggak kemana-mana kok, mungkin anda harus menghapus system restore poin milik anda..?

Baca Juga : Uninstall Font yang tidak berguna untuk performa Windows yang maksimal

nah salah satu penyebab hard drive C anda tiba-tiba penuh adalah banyaknya file-file error reporting service, file cache website, file temporary dan file-file sampah lainnya. anda bisa membersihkannya menggunakan CCleaner atau disk cleanup-nya windows.

tapi..tapi..setelah dibersihin dengan disk clean up windows ataupun CCleaner tetep aja drive C nya penuh. berarti penyebabnya adalah system restore poin anda yang menuh-menuhin drive C. yuk coba kita hapus system restore poin biar nggak nyesek lagi didalam hard disk.

Baca Juga : Cara menghapus data dengan permanen

menghapus semua system restore poin

berikut cara singkat untuk menghapus semua system restore poin anda hingga tuntas tak bersisa.

1. pada windows 7 dan vista klik tombol start menu lalu klik kanan computer > properties. untuk windows xp klik start menu > mengklik kanan my computer > properties dan untuk windows 8 ketikan computer lalu klik kanan computer dan pilih properties.

2. akan muncul jendela popup, selanjutnya klik System Protection yang terdapat pada panel sebelah kiri.

3. pada jendela system protection option yang muncul klik drive C: lalu klik tombol Configure

menghapus system restore poin

4. nah pada jendela pop up yang muncul berikutnya klik tombol Delete. jika muncul jendela peringatan klik saja Continue.

5. selanjutnya tinggal klik OK, OK.

menghapus system restore poin paling baru

jika anda tidak ingin menghapus system restore poin semuanya, dengan cara berikut ini anda dapat menghapus system restore poin terkini. jadi tidak semuanya yang dihapus.

1. klik start menu lalu ketikan Cleanmgr.exe pada kolom search kemudian tekan ENTER, untuk windows XP silahkan anda tekan Windows + R kemudian ketikan Cleanmgr.exe pada jendela RUN yang muncul.

2. pilih drive letter dari daftar, karena kita akan membersihkan drive C maka kita akan memilih drive C lalu tekan enter

3. pada jendela berikutnya klik tombol Clean up System Files

4. Disk cleanup akan restart, setelah disk cleanup muncul kembali selanjutnya pilih kembali drive anda. dalam hal ini drive C lalu kembali klik OK

menghapus system restore poin

5. selanjutnya klik tab More Options

6. lalu klik tombol Clean Up yang terletak dibawah System Restore and Shadow Copies

7. klik OK dan tunggu proses bersih-bersih hingga selesai.

saya yakin setelah ini maka drive C anda akan kembali lega….dan kewajiban anda adalah menraktir saya makan bebek bakar dengan jus alpukat sluuurpp..(jadi laper nih..)

Baca Juga : Membersihkan Windows dengan uninstall aplikasi tidak berguna hingga ke akarnya