Android merupakan sistem operasi mobile terbesar dan paling banyak digunakan didunia. Banyak sekali keunggulan dan fitur-fitur yang bisa anda manfaatkan. Fleksibilitas fungsi perangkat android dapat berkembang hampir menjadi apa saja. Selain menjadikan android sebagai alat perekam pembicaraan anda juga bisa menjadikan perangkat android sebagai mouse, keyboard, joystick, remote TV dlsb. Tentu saja untuk mendapatkan ini semua harus ada dukungan Hardware dan Aplikasi yang berjalan diatasnya.

Menjadikan perangkat android sebagai mouse, keyboard, joystick dlsb.

Setelah kemarin kita menjadikan keyboard komputer untuk mengetik di android Kali ini eridesktop.com akan mengajak anda untuk menjadikan perangkat android sebagai mouse, keyboard, joystick dlsb sehingga anda dapat mengendalikan dan mengontrol komputer anda melalui perangkat android yang tentunya uwow banget gitu. Untuk memungkinkan hal ini terjadi anda harus menginstall aplikasi Aplikasi yang bernama Monect (link download ada di akhir artikel).

Baca Juga : 8 Aplikasi Video Player Terbaik Untuk Android Versi Eridesktop.com

Aplikasi ini tidak hanya akan menjadikan perangkat android sebagai mouse dan keyboard tapi juga bisa menjadikan perangkat android sebagai joystick, media controler dlsb.

Agar aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik, anda harus menginstall aplikasi pada perangkat android anda dan tentu saja anda harus menginstall client pada komputer yang ingin anda kontrol. (link download ada di akhir artikel).

setelah anda download Monect Host yang untuk diinstall di komputer, selanjutnya silahkan anda ekstrak filenya. jika muncul jendela firewall klik saja Allow Access.

Koneksikan Komputer dan Perangkat android

Sekarang kita asumsikan komputer dan perangkat android anda terkoneksi via jaringan wifi yang sama, sekarang install aplikasi monect pada perangkat android anda yang bisa didownload via google play. jalankan aplikasi ini dan masukan IP address dari computer anda. jika anda tidak tahu IP address komputer anda anda bisa menggunakan tombol Search host untuk melakukan pemindaian IP komputer.

menjadikan android sebagai mouse

 

jika anda gagal melakukan koneksi ke komputer, coba lakukan restart komputer anda agar instalasi berjalan sempurna. setelah semuanya terkoneksi anda akan menemukan ada 12 mode yang bisa anda pilih.

menjadikan android sebagai mouse

Mode Controller

mode touchpad akan menjadikan perangkat android anda layaknya trackpad laptop, lengkap dengan fungsi scorll yang terletak di sisi trackpad. dengan mode ini anda juga bisa mengaktifkan mode 3D mouse sehingga perangkat android anda bisa menjadi seperti “laser pointer”, dengan fitur ini anda bisa menggerakan mouse dengan menggerak-gerakan perangkat android anda.

menjadikan android sebagai mouse

tombol typewriter, function dan numeric akan menjadikan perangkat android sebagai keyboard. jadi jika keyboard anda rusak dan anda sedang darurat mengerjakan tugas maka anda bisa menggunakan perangkat android anda sebagai keyboard. fitur text transfer juga akan memungkinkan anda mengetikan teks pada perangkat android kemudian mengirimkannya pada komputer anda.

menjadikan android sebagai mouse

dengan My Computer Mode anda bisa melakukan browsing file-file yang ada di hardisk komputer anda melalui perangkat android. anda bisa menghapus atau mendownload file yang ada dikomputer ke dalam perangkat android.

menjadikan android sebagai mouse

jika anda penggemar game balapan, aplikasi ini akan memanjakan anda dengan menjadikan perangkat android sebagai joystick yang mirip dengan joystick untuk balapan sungguhan. selain itu juga terdapat mode joystick lain yang cocok untuk bermain game seperti FPS dlsb.

menjadikan android sebagai mouse

selain itu masih terdapat banyak mode lainnya yang akan menjadikan perangkat android sebagai media controller, remote dlsb sehingga anda bisa mengendalikan komputer anda dari atas sofa sambil males-malesan. asyik banget kan..?

menjadikan android sebagai mouse

Jika android anda terasa lambat saat di jadikan mouse, keyboard dan remote kontrol, sebaiknya anda mempercepat booting android anda dulu.