Pengertian url – Setelah kita kemarin sepat membahas tentang pengertian domain dan apa itu server hosting sekarang kita akan membahas tentang pengertian URL. keduanya ini saling berkaitan. Jika Anda berkecimpung di dunia pengembangan website, maka kata-kata yang satu ini juga bakal sering Anda jumpai. Ya, URL!, URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator.

pengertian url

Lalu apa pengertian URL? URL merupakan suatu rangakaian karakter dengan format dan standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar diinternet (wikipedia.org). Bahasa gampangnya, URL merupakan link atau tautan yang menuju ke halaman atau konten website Anda

Baca Juga : Cara kerja website

Sebagian orang sering salah persepsi menyamakan Domain dengan URL padahal keduanya berbeda. Dalam konteks sebuah website, domain seperti yang telah kita pelajari sebelumnya, mengacu pada sistem penamaan server atau website. Sedangkan URL mengacu pada peng-alamatan sebuah file, dokumen atau konten dalam sebuah website.

secara sederhana, Domain merupakan nama, sedangkan URL adalah alamat. Misalnya nama Anda adalah Anto sedangkan alamat Anda adalah di Jl. Kenari 20, maka Domain Anda adalah Anto dan URL adalah Jl. Kenari 20.

Pengertian URL dan Tata cara penulisan URL

Baca Juga : Sejarah Internet dan asal mula adanya internet

Diatas kita sudah membahas pengertian domain, lalu bagaimana tata cara penulisannya? Dari segi standar dan format penamaan domain dan URL juga berbeda, standar penamaan domain sudah kita pelajari sebelumnya, terdiri dari nama domain dan ekstensi, sedangkan standar penamaan URL terdiri dari 3 bagian :

  • Protokol, ditulis dengan http atau https , http sendiri singkatan dari Hypertext Transfer Protocol sedangkan https adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure.
  • Alamat server, dalam konteks website, alamat server ini berupa nama domain dan ekstensinya, bisa juga menggunakan alamat IP. Penulisan alamat server dapat berupa nama domain secara utuh atau ditambahkan www didepan nama domain. Misalnya http://eridesktop.com, www.google.com, www.detik.com dlsb. Boleh juga di tulis dengan eridesktop.com, detik.com, google.com dlsb.
  • Path file , bagian ini hanya diikut sertakan jika alamat url digunakan untuk menunjuk konten, dokumen, file atau halaman terntenu pada sebuah website. Bagian ini juga bisa digunakan untuk menunjukan lokasi sebuah konten, dokumen, atau file dalam sebuah server misalnya: aplikasi/word/contoh.html, dimana aplikasi/word/ adalah lokasi file dan contoh.html adalah nama file.

Baca Juga : Apa itu DNS dan Apa Fungsi Serta Cara Kerja DNS

dengan 3 poin diatas, maka makin jelaslah perbedaan antara URL dengan domain. Untuk penulisan domain sendiri mengikuti pola:

protokol://alamat-server/path-file/

jadi misalnya Anda memiliki website dengan nama domain akuganteng.com, maka url dari website Anda adalah :

http://akucakep.com/

atau

http://www.akucakep.com/

misalnya lagi, Anda memiliki website dengan nama domain cintamonyet.co.id maka url dari website Anda adalah http://cintamonyet.co.id/ atau http://www.cintamonyet.co.id/ .

kata kuncinya, jika Anda di tanya url maka tambahkan http:// didepan nama domain Anda. http://eridesktop.com/ adalah URL, eridesktop.com adalah domain. Google.com adalah domain, http://google.com/ adalah url. (boleh juga ditambah www), jadi jangan sampai salah ya.

Lalu apakah http://eridesktop.com merupakan URL..? Bukan http://eridesktop.com belum berupa URL karena tidak ada http:// didepannya, namun Anda bisa mengakses website dengan mengetikan http://eridesktop.com tanpa mengetikan http:// karena web browser Anda sudah otomatis menambahkan protokol http:// ketika Anda mengetikan alamat website dengan www.

URL juga dapat digunakan untuk menunjukan alamat sebuah file dalam webserver. Misalnya nih saya menyimpan file dengan nama windows-xp.jpg dalam web server atau server hosting. File tersebut saya letakan pada direktori /sistem-operasi/windows/ maka URL untuk windows-xp.jpg adalah http://eridesktop.com/sistem-operasi/windows/windows-xp.jpg.

Baca Juga : Server, Hosting dan Domain gratis, mau..?

URL juga dapat menunjukan halaman sebuah website, misalnya website saya memiliki halaman dengan Windows, maka URL untuk halaman Windows website saya tersebut adalah http://eridesktop.com/windows/ boleh juga ditulis dengan http://eridesktop.com/windows/ . URL juga bisa menunjukan sub sub halaman, misalnya pada halaman windows saya memiliki sub halaman dengan nama windows8, maka URL sub halaman windows8 saya tersebut adalah http://eridesktop.com/windows/windows8/

nah demikianlah pembahasan tentang pengertian url, sampai disini saya rasa Anda sudah cukup paham tentang pengertian url, apa itu url, dan tata cara penulisan url. jika masih ada yang belum paham tentang pengertian url atau ada yang ingin mengoreksi dan menambahkan tentang pengertian url anda bisa menuliskan komentar dibawah ini ya, jangan malu-malu..:D