dalam level paling fundamental, komputer dibagi menjadi dua unsur penyusun yaitu perangkat keras atau dalam bahasa modernnya lazim kita sebut dengan hardware dan perangkat lunak atau software, oke pada kesempatan kali ini kita batasin saja pembahasannya mengenai perangkat keras komputer (hardware)

pemahaman perangkat keras komputer

perangkat keras komputer adalah apapun bagian dari komputer yang bisa anda sentuh, anda raba, anda puter, anda jilat dan anda celupin (okeh sebaiknya anda cukup fokus ke “bagian komputer yang bisa anda sentuh”), semua bagian komputer yang bisa anda sentuh secara fisik adalah Hardware, semua bagian komputer yang bisa anda tendang adalah hardware, mouse bisa anda sentuh..?? bisa..! berarti mouse adalah hardware, keyboard bisa disentuh…? bisa..! berarti keyboard adalah hardware.. kalau monitor gimana..?? coba tendang monitor anda, kalo kaki anda merasa sakit abis nendang monitor, berarti monitor adalah hardware…

Baca Juga : 

beda dengan perangkat lunak (software), anda tidak bisa menyentuhnya secara fisik, gambar wallpaper di desktop tidak bisa anda sentuh secara fisik, film yang anda putar tidak bisa anda sentuh secara fisik, photoshop, MS word, tidak bisa anda sentuh secara fisik.

saya punya ipad saya bisa menyentuh gambar dan menggeser-gesernya ke kiri dan ke kanan, berarti gambar termasuk hardware dong…?? yang anda sentuh secara fisik itu layar ipad-nya, bukan gambarnya, nyatanya jari anda nggak kepanasan kan waktu menyentuh gambar api di ipad..??

satu lagi contoh, keping DVD bajakan yang anda beli itu adalah hardware, anda bisa menyentuhnya, memutarnya, mencelupnya dan menjilatnya secara fisik, tapi film atau lagu yang ada didalamnya adalah software karena tidak bisa anda raba secara fisik.

sampe sini saya yakin anda udah paham banget deh….kalo anda belum paham juga saya mau pensiun aja ngeblog…(kidding)

Hardware vs Software mana yang lebih penting..??

jika anda menyakan ini, itu sama saja dengan anda menanyakan “penting mana makan apa minum…??”, jelas keduanya tidak bisa dipisahkan, perangkat keras (hardware) tanpa perangkat lunak (software) ibarat tubuh tanpa nyawa, ketika anda membeli seperangkat komputer atau laptop, komputer atau laptop anda tak lebih dari seonggok mesin lugu yang hanya bisa mengeluarkan kata-kata seperti

Non-system disk or disk error. Insert system disk and press any key when ready

kecuali jika anda memang ingin komputer yang anda beli mahal-mahal hanya bisa mengeluarkan kata-kata seperti itu, maka anda membutuhkan Sistem Operasi (seperti windows, linux, mac OS) agar komputer anda bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih bermanfaat bagi nusa dan bangsa, nah sistem operasi sendiri adalah salah satu bentuk software.

begitu pula sebaliknya, software tanpa hardware hanyalah angan-angan semu belaka, bagaiakan nyawa tanpa jasad, sehebat apapun kecanggihan windows , tanpa diinstall ke komputer maka kecanggihannya hanya sebatas dongeng belaka…

komponen penyusun komputer

dalam satu set perangkat komputer, terdiri dari berbagai macam perangkat keras yang semuanya ini dirakit membentuk sebuah sistem kerja, lalu perangkat keras apa saja yang menjadi komponen penyusun sebuah sistem komputer..?? cekidot…

1. Prosesor

perangkat keras prosesor

kalo komuter diibaratkan manusia, maka prosesor adalah otak, dimana semua proses kerja komputer di olah oleh prosesor ini, dalam dunia PC dan Laptop terdapat 2 produsen utama prosesor yaitu AMD dan INTEL

2. Memory chip / RAM / Random Access Memory

perangkat keras RAM

bahasa populernya RAM, RAM ini fungsinya sebagai media penyimpanan sementara semua proses komputerisasi yang terjadi. kalo RAM kita ibaratkan sebagai manusia, maka RAM berfungsi sebagai ingatan, sebagaimana lazimnya ingatan yang mudah hilang, maka proses simpanan data sementara pada RAM juga akan hilang begitu komputer dimatikan.

Baca Juga : Membersihkan RAM dengan sekali klik

RAM berfungsi sebagai pelayan data bagi prosesor dan merupakan komponen utama dalam sebuah sistem komputer

3. video card / video chipset / vga / gpu

perangkatkeras GPU

nah komponen yang satu ini fungsinya sebagai prosesor untuk mengolah grafis dan video dlsb. pokoknya yang bersifat visual gitu deh.. agar dapat menampilkan gambar dengan baik, memutar video, menjalankan software grafis seperti photoshop, 3dMax dlsb, apalagi memainkan game anda perlu perangkat keras yang satu ini, motherboard-motherboard zaman sekarang sebagian besar sudah dibenamkan video chipset secara default, dan saya rasa ini cukup JIKA anda menggunakan komputer hanya untuk bermain solitaire, nonton DVD bajakan, atau sopwer pengolah gambar sederhana.

jika anda ingin memainkan game kelas berat seperti COD, CRYSIS, SKYRIM maka anda membutuhkan video chipset tambahan,

4. Hard disk 

perangkat keras hard disk

nah ini adalah media penyimpanan yang bersifat relative permanen , berbeda dengan RAM yang bersifat sementara, kemampuan baca hard disk jauh lebih lambat di bandingkan kemampuan baca RAM , so Hard disk nggak akan bisa menggantikan RAM, Hard disk berfungsi untuk menyimpan data dan file anda seperti file gambar , file skripsi anda, file video anda dlsb sedangkan RAM tidak bisa digunakan untuk menyimpan file , melainkan hanya berfungsi untuk menyimpan data proses yang bersifat temporer. jadi ngerti ya bedanyal…

5. optical drive

perangkat keras DVD ROM

bahasa kerennya CD/DVD ROM , ini perangkat keras optional, nggak ada perangkat keras ini komputer anda tetep bisa jalan, tapi anda pasti akan kesulitan melakukan instalasi program yang disimpan menggunakan CD ataupun DVD

6. power supply

perangkat keras power supply

dalam komputer desktop, keberadaan power supply sangatlah vital, power supply berfungsi membagi-bagikan kan daya ke seluruh perangkat keras yang tergabung dalam sistem komputer anda, sebagai pusat energi yang memberikan kehidupan bagi komponen-komponen komputer anda, power supply juga berfungsi untuk meng-convert arus AC menjadi arus DC, arus listrik yang dari PLN itu yang bikin anda kejang-kejang kalo menyentuhnya adalah arus AC , sedangkan komponen komputer anda hanya mau menerima arus DC, untuk itulah power supply menconvertanya.

7. fan

perangkat-keras---FAN

fan atau kipas berfungsi untuk mendinginkan suhu komputer, proses komputasi yang terus menerus akan membuat komponen komputer anda panas, panas yang dibiarkan terus menerus akan membahayakan perangkat keras anda, karena bisa meleleh lho nanti…untuk itu dibutuhkan kipas untuk memperlancar sirkulasi suhu dan mempercepat proses pembuangan panas ke luar.

8. motherboard

perangkat keras motherboard

sesuai namanya, ini adalah induk dari semua perangkat keras komputer, semua perangkat keras komputer yang ada pada sistem anda semunya bermuara dan nyambung di motherboard ini, motherboard lah yang menyatukan prosesor, ram, GPU, hard disk, optical drive, agar dapat bekerja sama membangun sebuah sistem komputer yang dapat bekerja dengan baik.

9. monitor

perangkat keras monitor

jika komputer diibaratkan sebagai manusia, maka monitor adalah matanya, tanpa monitor bagaiaman anda bisa mengetik di MSword..?? tanpa monitor bagaimana anda bisa melihat CD/DVD bajakan yang baru saja anda beli di pasar loak…?? , yang bisa anda lakukan tanpa monitor paling mendengarkan CD/DVD audio yang diputar secara autoplay…

10. mouse dan keyboard

perangkat-keras--keyboard-mouse

ini ibarat tangan dan kaki bagi komputer, kita bisa berinteraksi dengan komputer jika terdapat mouse dan keyboard, tablet saya touch screen jadi gak butuh mouse dan keyboard..!! lantas apakah anda mengetik tidak menggunakan keyboard virtual..??

selain perangkat keras diatas sebenernya masih ada beberapa perangkat keras tambahan yang bersifat optional seperti webcam, printer, scanner dlsb semuanya itu hanya fungsi tambahan dan bukan fungsi utama dari sebuah sistem.

itu aja dulu ya kapan-kapan di jabarkan lebih detail deh perangkat keras yang ada disana, tapi nggak janji loh ya…:P

semoga bermanfaat dan wassalam…