Perbedaan linux dan ubuntu – Ubuntu dan Linux, dua kata yang sering wara-wiri di telinga anda dalam dunia open source, lalu apa sih perbedaan keduanya..? Apa Linux dan Ubuntu itu sama? Atau beda? jika beda apa perbedaan linux dan ubuntu ?. Sebenarnya Ubuntu itu apa dan Linux itu apa? Tambah bingung nih. Mungkin sebagian dari Anda ada yang merasakan kebingungan ini. Tak perlu bingung, banyak yang merasakan kebingungan yang sama pada awalnya, termasuk saya.

tapi sebelumnya anda baca dulu sejarah linux dan kenapa logo linux itu penguin

Perbedaan Linux dan Ubuntu

perbedaan linux dan ubuntu
OK gampangnya begini saja. Anda semua pernah makan tempe ? pasti pernah dong ya…jika Anda pernah makan tempe sudah hampir dapat dipastikan Anda juga pernah makan tahu. Iya pernah sih pernah, tapi apa hubungannya tahu dan tempe dengan Ubuntu dan Linux ?

Tahu dan tempe merupakan makanan olahan yang berasal dari bahan pokok yang sama yaitu kacang kedelai. Nah dari sini apakah Anda sudah mendapatkan pencerahan? Yup betul sekali !   Kedelai dapat kita ibaratkan sebagai Linux, sedangkan tahu dan tempe kita ibaratkan sebagai distro-distro atau varian-varian dari Linux.

Sekarang katakanlah Ubuntu kita ibaratkan sebagai tempe. Kedelai merupakan kernel atau bahan inti dari tempe. Walaupun demikian, tanpa diolah terlebih dahulu kedelai tidak akan begitu saja menjadi tempe. Untuk menjadi tempe, kedelai perlu diolah, ditambah ragi, dibungkus daun pisang atau plastik barulah tercipta tempe. Kedelai juga tidak sertamerta menjadi tahu. Ada proses yang harus dilakukan  dan bahan-bahan tambahan yang harus dicampurkan agar kedelai bisa menjadi tahu.

Sama halnya dengan Linux. Semua varian-varian atau distro-distro Linux berbahan dasar  atau ber-kernel sama yaitu kedelai eh…maaf Linux. Proses penyajian, tata cara pengoperasian,  penambahan-penambahan program dan lain sebagainyalah yang membuatnya berbeda.

Lalu kalau begitu semua distro-distro Linux itu sama saja dong ? toh sama-sama Linux gini….

sekarang saya tanya, apakah tahu, tempe, susu kedelai, dan tauco memiliki rasa yang sama ? toh sama-sama terbuat dari kedelai ?

begitulah kira-kira analogi perbedaan linux dan ubuntu , intinya linux merupakan kernel , merupakan bahan mentah dari distro ubuntu dan distro-distro lainnya. penambahan-penambahan fitur membuat masing-masing distro menjadi berbeda. semoga artikel ini dapat membantu anda utuk bisa mengerti perbedaan linux dan ubuntu.

Kernel merupakan inti dari sebuah sistem operasi yang bertanggung jawab sebagai jembatan komunikasi  antara hardware dan software), kernel menangani fungsi dasar dari sebuah sistem operasi seperti alokasi memori, kontrol akses komputer, menejemen sistem file, menangani input dan output service seperti printer, portable storage (ufd, external harddisk dan lain sebagainya), menangani sistem error, menangani alokasi  resource komputer seperti CPU dan storage device, dan lain-lain. Kernel juga melayani program atau aplikasi pada sebuah sistem operasi agar bisa mengakses hardware secara aman.