setting bios – Untuk dapat melakukan instalasi sistem operasi melalui media CD/DVD ( OS WINDOWS ataupun LINUX ), ataupun agar dapat menggunakan Recovery Media untuk memperbaiki Windows, tahapan pertama yang perlu anda lakukan adalah mengatur boot priority agar CD/DVD ROM anda ada pada urutan pertama, kenapa…?? karena defaultnya saat melakukan booting , komputer anda melakukan loading file-file yang ada didalam hard disk.

Nah agar komputer anda bisa me-load file-file instalasi yang ada di dalam master CD/DVD Sistem Operasi anda, maka anda perlu men setting bios boot priority (prioritas booting), agar CD/DVD ROM anda berada di urutan pertama yang di load, setelah itu baru hard disk. kalo nggak di atur gitu ya sampe jaman firaun naek odong-odong pun komputer anda bakal me-load hardisk terus menerus.

Baca Juga : Mempercepat komputer dengan bios

oke langsung aja deh, agar komputer anda bisa melakukan loading dari CD/DVD instalasi, ikuti langkah setting bios berikut ini :

1. Restart komputer anda dan masuk kedalam sistem setting BIOS, caranya tergantung motherboard anda masing-masing, (biasanya dengan cara menekan tombol F1, F2, DEL, ESC, atau F10). Biasanya informasi tentang cara masuk ke sistem BIOS ini tertera pada POST screen saat komputer anda booting.

post screen

2. Setelah kita masuk ke BIOS setup akses lah menu untuk mengatur boot priority anda, letak menu ini berbeda-beda tergantung jenis BIOS atau motherboard yang anda gunakan (baca buku manual motherboard anda), intinya masuklah ke menu yang mengandung kata-kata “boot”, kemudian lihat di sana pasti ada tercantum urutan bootingnya (biasanya ada kata-kata boot priority, atau first device, first boot, boot squance).

 Contoh-contoh setting bios

Untuk setting BIOS award menu untuk mengatur boot priority tersebut dapat anda temukan di advance BIOS feature

setting bios advance

Atau terkadang dapat anda temukan menu setting bios “boot” tersendiri, sehingga anda bisa langsung mengaksesnya dari sana.

 

setting bios pc

 

Atau Bagi anda pengguna pabrikan Dell , mungkin akan menemukan settingan Boot priority (boot sequence) seperti gambar dibawah ini:

 

3. Atur prioritas bootingnya agar CD-room anda ada pada urutan pertama (paling atas) pada boot priority/first device/first boot/boot sequence. Dengan demikian maka optical drive (CD/DVD/Blue-Ray) anda lah yang akan lebih dulu di boot.

4. Jika sudah, tekan F10, pilih yes (Y) dan komputer anda akan restart.

5. Bagi anda yang memiliki tampilan BIOS yang berbeda anda bisa menyesuaikannya sendiri, baca kembali buku manual motherboard anda, apa ?? buku manualnya udah di makan tikus…??? ya terpaksa anda cari sendiri informasinya lewat internet ya, atau bisa konsultasikan langsung ke saya di forum

 QUICK BOOT

Untuk Motherboard pabrikan modern sudah menyediakan fitur quick boot, jadi anda tidak perlu melakukan setting pada BIOS  hanya untuk melakukan booting lewat CD/DVD, yang anda lakukan cukup menekan tombol F12 saat POST screen muncul atau sebelum boot screen ditampilkan. Tombol yang harus anda tekan mungkin saja berbeda pada milik anda, sekali lagi semua itu tergantung dari jenis BIOS dan motherboard anda, walaupun demikian anda bisa mendapatkan informasi tentang tombol mana yang harus anda tekan untuk melakukan quick boot pada post screen, gambar 2.7 merupakan POST screen komputer saya, disana terdapat informasi bahwa saya harus menekan tombol F12 untuk mengakses boot menu (quick boot), setelah anda berhasil mengakses quick boot atau boot menu , anda tinggal pilih device mana yang akan anda booting, untuk keperluan instalasi sistem operasi pilihlah menu CD/DVD drive, gunakan tombol arrow keyboard anda untuk menggeser ke atas atau kebawah menu, selanjutnya tekan enter. Dan anda akan booting melalalui CD/DVD drive.

Keuntungan menggunakan setting bios quick boot ini adalah anda dapat secara cepat mengakses boot menu tanpa masuk ke BIOS setup, selain itu ini hanya berlaku untuk satu sesi saja, jadi saat restart komputer berikutnya komputer anda akan kembali melakukan booting lewat hard disk. Hal ini berbeda dengan saat anda melakukan setting boot priority melalui BIOS setup, karena settingnya bersifat permanen, artinya anda harus mengembalikannya secara manual jika anda ingin kembali meletakan hard disk pada urutan pertama boot priority.

Fitur ini tidak terdapat pada semua jenis motherboard, untuk itu sekali lagi periksa buku manual motherboard anda apakah fitur ini tersedia atau tidak